Fungsi Bisnis

Fungsi utama bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah  atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.

Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis. Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :

  1. Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
  2. Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
  3. Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
  4. Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran

Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :

  1. Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
  2. Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
  3. Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)

Kesimpulan yang dapat diambil dari fungsi bisnis adalah : prinsip utama kegiatan bisnis adalah memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Hal tersebut tidak akan melakukan atau menciptakan produk yang tidak laku dijual dipasar, karena dapat mendatangkan kerugian yang besar. Agar kegiatan bisnis itu tidak menghadapi risiko seperti itu, maka jauh hari sebelumnya pelaku bisnis tersebut sudah melakukan penelitian dan survey pasar tentang produk-produk apa yang dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan selera konsumen (pasar).

Materi Selengkapnya bisa didownload dibawah ini :

Download Materi