PT. Zigma merupakan  sebuah perusahaan yang memproduksi minuman merk “ ROSELLA”. Untuk kepentingan marketing maka diadakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Harga dan Distribusi terhadap Kepuasan Pelanggan nya. Rumusan masalah yang diajukan adalah sebagai berikut :

  1. Apakah harga dan distribusi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan ?
  2. Apakah harga dan distribusi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan  ?
  3. Variabel bebas mana yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelangggan ?

 

Berdasarkan kajian teoritis dan empiris maka di tetapkan hipotesis penelitian sebagai berikut :

  1. Harga dan distribusi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan
  2. Harga dan distribusi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan
  3. Harga berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan

 

Setelah menyebar kuesioner kepada responden maka diperoleh data penelitian yang diinginkan. Karena dalam penelitian ini melibatkan dua variable bebas (independent variable) yaitu Harga (X1) dan Distribusi (X2), serta sebuah variable terikat (dependent variable) yaitu variable Kepuasan Pelanggan (Y), maka teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Berganda menggunakan bantuan software statistik SPSS, dan output dari analisis yang telah dilakukan adalah sebagai berikut :

 

Rekapitulasi Hasil Analisis Regresi berganda

 

Variabel

Koefisien Regresi

(B)

 

t

 

Sig

Harga (X1)

0,887

7,703

0,000

Distribusi (X2)

0,088

0,639

0,032

Konstanta = 11,292
R = 0,747
R square = 0,558
AdjustedR Square = 0,539
F hitung = 29,696
Signifikansi F = 0,000

Sumber : Output Analisis Regresi Berganda

 

a.   Pengaruh Secara Simultan

Hasil analisis regresi berganda : variabel Harga (X1) dan Distribusi (X2) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) secara simultan/bersama-sama menunjukan hasil nilai Fhitung adalah sebesar 29,696 dengan Signifikan F sebesar 0.000 atau lebih kecil dari 0,05 (5%), sehingga menolak H0. Hasil ini menyatakan bahwa secara simultan semua Variabel Bebas yaitu variabel Harga (X1) dan Distribusi (X2)  berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kepuasan pelanggan (Y).

Selanjutnya dari analisis regresi berganda diperoleh nilai R sebesar 0,747.  Hasil  ini menunjukan bahwa semua variabel bebas yaitu variabel Harga (X1) dan Distribusi (X2)  mempunyai keeratan  hubungan  dengan  variabel  Kepuasan pelanggan  (Y) sebesar 0, 747. Pada penelitian ini, untuk mengetahui kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan menggunakan besaran angka R square. Hasil R square didapat sebesar  0, 558 (di peroleh dari pengkuadratan R yaitu = 0,747 x 0,747). Angka ini menunjukkan bahwa kontribusi semua variabel bebas yaitu variabel Harga (X1) dan Distribusi (X2)  terhadap variabel Kepuasan pelanggan (Y) sebesar 55,8%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

 

b.   Pengaruh Secara Parsial

Berdasarkan uji parsial melalui analisis regresi , diperoleh hasil Variabel Bebas yaitu Harga (X1) dan Distribusi (X2) terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) secara parsial dapat dijelaskan sebagai berikut :

1)             Harga (X1)

Analisis Regresi menunjukkan koefesien Regresi (B)  sebesar 88,7% terhadap kepuasan pelanggan, dengan signifikansi 0,000. Hal ini berarti bahwa variabel Harga (X1) memang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien Regresi (B) sebesar 88,7% menyatakan bahwa setiap penambahan atau pengurangan satu Harga (X1), maka akan menambah atau mengurangi kepuasan pelanggan sebesar 88,7%.

2)             Distribusi (X2)

Analisis Regresi menunjukkan koefesien Regresi (B)  sebesar 8,80%  terhadap kepuasan pelanggan, dengan signifikansi 0,032. Hal ini berarti bahwa variabel Distribusi (X2) memang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien Regresi (B) sebesar 8,80% menyatakan bahwa setiap penambahan atau pengurangan satu distribusi (X2), maka akan menambah atau mengurangi kepuasan pelanggan sebesar 8,80%.

Berdasarkan pada hasil koefisien regresi (B) di atas, maka diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :

Y = 11,292 + 0,887 Harga + 0,088 Distribusi

 

c.         Pengujian Hipotesis

Berdasar pada hipotesis yang telah dikemukakan dan hasil analisis data,  maka  selanjutnya dilakukan uji hipotesis sebagai berikut :

  1. Diduga bahwa harga dan distribusi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Hasil regresi diperoleh nilai F hitung = 29,696 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 5 % (H0 ditolak),  hal ini artinya bahwa secara simultan Variabel harga (X1) dan distribusi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel kepuasan pelanggan (Y). Dengan demikian Hipotesis 1 terbukti benar dan dapat diterima.

  1. Diduga bahwa harga dan distribusi secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Analisis Regresi menunjukkan koefesien Regresi (B)  variabel harga adalah sebesar 88,7% terhadap kepuasan pelanggan, dengan signifikansi 0,000. Hal ini berarti bahwa memang  harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Analisis Regresi juga menunjukkan koefesien Regresi (B)  variabel distribusi sebesar 8,80% terhadap kepuasan pelanggan, dengan signifikansi 0,032. Hal ini berarti bahwa memang  distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga Hipotesis 2 terbukti benar dan dapat diterima.

  1. Diduga bahwa Harga berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan.

Hasil analisis Regresi menunjukkan koefesien Regresi (B)  variabel harga sebesar 88,7%, lebih besar daripada variabel distribusi yang hanya sebesar 8,80%, sehingga dapat diketahui bahwa variabel harga mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan, dan dari analisis tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis 3 terbukti benar dan dapat diterima.

Materi Selengkapnya bisa didownload dibawah ini :

Download Materi